Kamis, 09 Januari 2020

Mengulas Seputar Dokter Spesialis Patologi Anatomi di Jakarta Pusat

dokter spesialis patologi anatomi

Pernahkah Anda mendengar tentang patologi anatomi? Patalogi anatomi adalah sebuah cabang ilmu kedokteran yang akan mempelajari efek sebuah penyakit terhadap struktur organ-organ tubuh, baik secara kasar (keseluruhan) maupun secara mikroskopis. Umumnya prosedur seperti ini digunakan sebagai cara untuk mengidentifikasi apakah terdapat kelainan dalam tubuh sehingga dapat membantu pendiagnosisan penyakit dan dapat memudahkan dokter untuk menentukan pengobatan selanjutnya. Lalu selanjutnya nanti kita akan membahas tentang dokter spesialis patologi anatomi di Jakarta Pusat  .
 
Patologi anatomi sendiri dianggap masuk salam cabang diagnostik kedokteran bersama dengan ilmu radiologi dan spesialis patologi lainnya, yaitu mikrobiologi serta patologi kimia. Dalam patologi anatomi sendiri terdapat dua subdivisi utama , yaitu patologi anatomi histopatogi serta sitopatologi, adalah:

•    Histopatologi.
Histopatologi adalah prosedur pemeriksaan yang melibatkan jaringan utuh yang dapat diambil melalui prosedur bioppsi ataupun operasi di bawah mikroskop. Pemeriksaan jenis ini sering dibantu oleh penggunaan teknik pewarnaan yang khusus serta tes terkait lainnya, contohnya penggunaan antibodi yang digunakan untuk mengidentifikasi bermacam komponen dalam jaringan tubuh.

•    Sitopatologi.
Sitopatologi atau biasa disebut sitologi ini adalah pemeriksaan sel tunggal ataupun kelompok sel kecil-kecil dari jaringan di bawah mikroskop. Lebih singkatnya, prosedur ini dapat dilakukan dengan mengoleskan cairan dari sampel atau jaringan dari pasien yang kemudian akan diperiksa menggunakan mikroskop guna melihat jenis sel, jumlah sel, serta bagaimana rinciannya. Sitopatologi biasanya digunakan sebagai alat skrining yang berguna untuk mencari serta memutuskan penyakit apakah perlu dilakukan tes lanjutan lagi. Contoh yang umum kita temukan dalam sitopatologi adalah pap smear, gastric washing, serta sputum.

Patologi anatomi ini juga umum dilibatkan dalam proses post mortem atau autposi. Autopsi sendiri adalah proses yang dilakukan untuk menyelidiki penyebab kematian seseorang. Sebelum melakukan autopsi, dokter akan meminta persetujuan dari pihak keluarga dan barulah autopsi dapat dilakukan yang akan dipimpin oleh dokter ahli patologi forensi.
 
Umumnya patologi anatomi akan dilakukan untuk membantu mendiagnosis beberapa penyakit berikut:

•    Kanker.
Melalui prosedur biopsi, yaitu pengambilan sampel jaringan yang diduga terkena kanker yang akan diperiksa menggunakan mikroskop. Dokter ahli patologi anatomi akan memeriksa apakah sel-sel tersebut masih normal atau sudah terkontamisasi kanker. Hampir semua jenis penyakit kanker dapat dideteksi dengan patologi anatomo ini seperti kanker hati, kanker payudara, kanker serviks, serta kanker usus.

•    Tumor.
Adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dalam tubuh atau tumor ini dapat terdeteksi dengan melakukan patalogi anatomi. Melalui prosedur biopsi, dokter akan mengambil samepl jaringan pada tempat yang diduga terpapar tumor untuk memastikan apakah tumor gana atau tumor jinak.

•    Penyakit ginjal hati.
Bermacam penyakit pada ginjal seperti gagal ginjal kronis ataupun batu ginjal serta penyakit hati seperti hepatitis dapat di deteksi dengan patologi anatomi ini.

•    Gangguan autoimun.
Penyakit lupus, Graves, multiple sclerosis adalah contoh-contoh penyakit pada ginjal yang dapat diidentifikasi dengan ilmu patologi anatomi.

•    Infeksi.
Berbagai macam infeksi yang diakibatkan oleh berbagai virus pun dapat diidentifikasi dengan menjalani ilmu patologi ini.
 
Jika Anda ingin memeriksakan diri kepada dokter patologi anatomi, khususnya Anda yang berada di Jakarta Pusat, dibawah ini adalah dokter spesialis patologi anatomi di Jakarta Pusat yang siap membantu Anda, yaitu:

•    Prof. dr. Santoso Comain D.Sc, Sp.PA.
•    Lokasi praktik : Rumah Sakit Abdi Waluyo, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar