Selasa, 05 November 2019

Kenali Pentingnya Penerapan SOP Administrasi Gudang Untuk Perusahaan

Gudang

Kepala gudang dari perusahaan, memiliki tugas untuk membuat pembukuan terkait dengan segala catatan barang yang ada, sesuai dengan barang secara fisiknya. Apabila jumlah barang masuk dalam data dan barnag fisiknya memiliki kecocokan, dipastikan para karyawan telah menerapkan apa itu SOP bagi administrasi gudang dengan baik dan benar. Yuk intip pentingnya penerapan SOP ini bagi perusahaan.
 

Penerapan Administrasi Gudang Menurut SOP

1. Pencatatan Barang Menggunakan Kartu Gudang
Kepala gundang bertugas untuk membuat sistem pembukuan yang detail dan lengkap, sehingga segala bentuk catatan mengenai barang barang yang tertulis di dalam data,sesuai dengan barang fisiknya. Kecocokan yang ada, meliputi jumlah barang, jenis barang, nilai sebuah barang, kapan barang diterima, hingga penempatan barang. Pembukuan ini perlu dilakukan terperinci, agar tidak ada kesalahan entri data. 
 
Untuk melakukan hal tersebut, kepala gudang diharuskan untuk membuat sebuah kartu gudang. Dimana kartu tersebut memuat mengenai segala penambahan barang, pengurangan barang dan melihat adanya ketersediaan barang yang ada di dalam gudang. Apabila ada barang yang stoknya mulai menipis, maka perlu diisi ulang. Kartu gudang ini juga bisa diletakkan pada tumpukan barang yang sesuai, atau biasa disebut sebagai kartu gudang atau label. 
 
2. Adakan Pembukuan Untuk Stok Barang
Tugas kepala gudang ternyata tidak hanya sampai pada pembuatan kartu gudang saja, namun menurut apa itu SOP kepala gudang, juga perlu membuat buku atau kartu stok mengenai jenis atau ukuran barang. Pada umumnya, kartu ini akan disimpan dalam sebah kotak kartu yang disusun sesuai alfabetis. Untuk melakukan hal tersebut, kepala gudang harus melaksanakan segala bentuk administrasi pergudangan sesuai SOP.
 
Penyelenggaranan administrasi pergudangan, dibagi menjadi beberapa kegiatan yang meliputi adanya penyelenggaraan terkait tata buku pergudangan yang dibuat jelas dan mudah untuk diperiksa, membuat pembukuan mutasi barang ketika terjadi mutasi, dan menyelenggarakan pembukuan dan segala bentuk administrasi barang. Kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari buku penerimaan hingga kartu ketersediaan barang.
 
3. Kegiatan Pembukuan Dan Administrasinya
Sebagai kepala gudang, anda perlu membuat buku penerimaan barang sesuai dengan apa itu SOP administrasi gudang. Buku penerimaan barang ini, berisikan mengenai semua keterangan terkait bukti bukti ataupun beragai dokumen saat penerimaan barang. Selain itu, kepala gudang perlu untuk membuat buku pengeluaran gudang, dimana buku ini berisikan mengenai segala bukti penerimaan atau penyerahan barang kepada staff gudang.
 
Kepala gudang juga memerlukan buku lainnya yang bernama buku  kekayaan gudang. Buku ini berfungsi untuk mengetahui jumlah barang yang ada di gudang, memiliki nilai kekayaan tertentu. Kekayaan setiap barangnya inilah yang harus dicatat oleh kepala gudang. Selain itu, kepala gudang juga pelru untuk menyediakan kartu persediaan barang. Hal ini berfungsi untuk mendata segala keterangan terkait dengan penambahan, pengurangan, hingga harga setiap satuan jenis barang.
 
4. Dasar Melakukan Administrasi Gudang
Barang yang dikirimkan akan diterima oleh suplier dan telah diterima oleh Receiving atau ekspedisi, kemudian akan dicek kembali secara silang berdasarkan PO. Purchase Order akan dikeluarkan oleh Divisi Pembelian akan diperiksa, mulai dari tanggal permintaan barang, jumlah barang setiap unitnya, hingga keadaan fisik barnag secara langsung. Barang sesuai dengan PO, akan ditandatangani oleh pihak suplier, petugas receiving dan sebagainya sesuai dengan apa itu SOP admin gudang. 
 
Dengan adanya berbagai kartu tersebut, dapat diketahui bahwa perlunya untuk mendata setiap ukuran tipe jenis barang. Karena banyak sekali jensi kartu tersebut, mengharuskan kepala gudang untuk menyimpannya dalam kotak peti khusus, dan dapat disusun secara alfabetis. Hal ini berfungsi untuk memudahkan kepala gudang, ketika ingin mengambil data maupun mengecek barang tertentu dengan lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar