Selasa, 30 Juli 2019

Wajib Tahu Hal Penting Dalam Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi kesehatan syariah

Asuransi kesehatan syariah semakin populer di Indonesia akhir-akhir ini. Hal ini didukung dengan peningkatan kesadaran masyarakat bahwa mereka memang butuh asuransi sebagai proteksi diri. Pada dasarnya, asuransi ini memang sama dengan asuransi konvensional, namun lebih condong pada beberapa prinsip syariah. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui. 

1.                  Perbedaan dengan Asuransi Konvensional
Secara garis besar, asuransi konvensional akan memberikan beberapa manfaat untuk Anda ketika jatuh sakit. Manfaat tersebut tentunya akan berlaku ketika Anda menjalani pengobatan rawat jalan dan juga rawat inap. Sedangkan asuransi premi kesehatan berbasis syariah memiliki perbedaan di bawah ini:
·         Asuransi kesehatan dengan sistem syariah bersifat pasti, tidak mempunyai unsur gharar maupun ketidakpastian
·         Asuransi kesehatan dengan sistem syariah tidak memiliki unsur qimar maupun perjudian
·         Asuransi kesehatan dengan sistem syariah tidak mengenal riba

2.                  Memakai Prinsip Takaful
Asuransi kesehatan syariah, menggunakan prinsip takaful atau yang dikenal dengan koperasi  sebagai sharing risk. Peserta asuransi akan berkoperasi serta bekerja sama dengan peserta asuransi lainnya dimana bersama-sama saling berbagi risiko. Perusahaan asuransi di sini hanya memiliki peran sebagai admin maupun pengelola dana saja.

3.                  Dana Tidak Hangus karena Sifatnya Wadiah (Titipan)
Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah menganut sifat wadiah (titipan). Hal ini memungkinkan nasabah asuransi syariah bisa mendapatkan sebagian premi yang sudah dibayarkan jika ternyata hingga saat jatuh tempo belum ada klaim.

4.                  Amal Ibadah
Dengan menggunakan konsep tolong menolong di dalam kebaikan yang ditawarkanasuransi kesehatan, maka premi yang hendak dibayarkan dimaksudkan untuk ladang amal bagi para nasabah agar senantiasa sehat, terhindar akan  klaim pengobatan, sekaligus dapat tolong menolong. 

Bagaimana cukup berbeda bukan dengan asuransi pada umumnya? Kini Anda bisa memilih sendiri ingin menggunakan jenis yang mana. Pada dasarnya semua memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika Anda memang yakin ingin menggunakan asuransi kesehatan syariah, tidak ada salahnya mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar