Rabu, 26 Juni 2019

Ini Ciri Tukang Bangunan Profesional

Untuk membangun sebuah rumah atau hunian yang nyaman memang ditentukan oleh banyak factor selain factor utama yang tidak lain dan tidak bukan adalah pendanaan. Namun factor tukang bangunan juga merupakan factor yang penting untuk diperhatikan pemilihannya.
tukang bangunan
Gambar Ilustrasi tukang bangunan sumber : Sejasa.com

Salah memilih tukang bangunan bisa saja membuat hunian atau rumah yang sedang dibangun tidak sesuai dengan yang diimpikan, salah-salah bisa juga membuat budget yang sudah disiapkan menjadi mebengkak bahkan bisa berkali-kali lipat karena kesalahan pemilihan tukang.

Memilih tukang untuk mengerjakan hunian atau rumah menjadi vital untuk dilakukan karena sebenarnya dalam satu rumah ada banyak bagian yang kesemuanya belum tentu bisa dilakukan oleh satu tukang saja. 

Sudah banyak pengalaman tidak mengenakkan masyarakat yang salah dalam pemilihan tukang bangunan, bukan hemat malah budget yang dikeluarkan malah menjadi bengkak karena harus melakukan perbaikan sana sini setelah hunian selesai dibangun.

Agar terhindar dari masalah seperti itu, kamu juga harus tahu kriteria seorang tukang bangunan yang sudah pengalaman dan mumpuni dibidangnya.

1.    Bisa memahami desain
Tukang bangunan bukanlah mereka yang bersekolah di bidang arsitektur. Namun, beberapa tukang bangunan yang telah berpengalaman, bisa memahami gambar atau desain arsitektur. Kemampuan memahami gambar atau desain arsitektur dapat membantu proses pengerjaan bangunan sesuai dengan rancangan awal. Bukan hanya sesuai secara visual saja, namun juga dari segi perhitungan dan ukuran.

2.    Pengalaman itu penting
Pekerja bangunan yang sudah pengalaman biasanya mempunyai tarif harga yang tinggi, namun tarif tinggi ini berbanding lurus dengan hasil yang diberikan, rasanya wajar apabila konsumen mau membayar sedikit lebih tinggi agar mendapatkan hasil yang baik. Memilih tukang bangunan yang berpengalaman juga membuat iklim kerja lebih menyenangkan. Tukang tidak perlu lagi disuruh dan telah tahu apa yang perlu dikerjakannya.

3.    Kondisi fisik juga menentukan
Tukang bangunan yang punya kemampuan tidaklah cukup jika tidak ditopang dengan kondisi fisiknya yang prima. Menjadi seorang tukang bangunan adalah pekerjaan yang menguras tenaga. Untuk menghindari resiko keterlambatan selesainya suatu bangunan, fisik tukang bangunan juga harus diperhatikan. Jika ingin bangunan atau hunian kamu selesai tepat waktu yang harus dilakukan adalah memilih tukang bangunan yang mempunyai kondisi prima, kondisi prima seorang tukang bangunan laki-laki berada direntan umur antara 25-40 tahun. Jika di bawah umur itu dipastikan ia belum berpengalaman dibidangnya dan jika diatas 40 tahun, walaupun sudah pasti berpengalaman dipastikan kondisinya tidak akan kuat lagi dan akan menimbulkan keterlambatan dalam pengerjaan.

4.    Pastikan kemampuannya
Saat mencari seorang tukang bangunan anda wajib tahu dulu apa yang akan dibangun atau dibuat, pasalnya tidak bisa dipungkiri sebagai konsumen tidak bisa menyerahkan semua bagian pengerjaan rumah kepada satu orang saja, karena tiap orang mempunyai keahlian berbeda dan diperlukan penenmpatan yang sesuai keahliannya agar tercipta harmonisasi saat membangun hunian sehingga tercipta hunian yang kamu impikan. Tukang bangunan bisa dibagi atas tukang gali, tukang batu, tukang besi, tukang kayu, dan tukang cat. Mereka yang berpengalaman sebagai tukang gali tentu harus ditempatkan di bagian penggalian, mereka yang biasa melakukan pengecoran dan konstruksi haruslah tukang besi ahli, atau mereka yang bertugas membangun pondasi rumah dengan batu haruslah tukang batu profesional. Dan yang terakhir

5.    Disiplin waktu
Biasanya konsumen berorientasi dengan hasil, konsumen tidak ingin tahu ada kejadian apa yang terjadi selama pengerjaan. Oleh sebab itu, dalam membangun sebuah bangunan, semua pekerja harus disiplin. Datang tepat waktu, kerja sesuai bagian, dan pulang di waktu yang tepat pula, tanpa terkecuali. Apabila tukang bangunan menunjukan tanda-tanda dia tidak disiplin, seperti datang terlambat tanpa alasan yang jelas, ada baiknya tukang bangunan tersebut tidak lagi digunakan jasanya. Karena satu orang yang tidak disiplin saja bisa menghambat keseluruhan pembangunan selama beberapa waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar